Selasa, 19 Januari 2010

10 Tips BlackBerry Yang Wajib Anda Ketahui!


Di era serba canggih saat ini perkembangan dunia ponsel dan komunikasi semakin hebat. Sampai ketika BlackBerry atau smartphone masuk kepasaran langsung menyedot pecinta gadget untuk memilikinya. Namun, ada baiknya Anda mengenal benar-benar benda yang Anda gunakan sebelum Anda memilikinya. Simak 10 hal yang perlu Anda ketahui mengenai BlackBerry.


1. Memperbesar Kapasitas BB
Oke, beberapa jenis BlackBerry memiliki kapasitas 64 MB memory internal. Amat kecil bukan untuk gadget-ers seperti Anda. Sebenarnya, Anda bisa kok mengakali bagaimana memperbesar kapasitas tersebut, caranya memang agak rumit. Yang pertama Anda perlu perhatikan adalah, sortir aplikasi BB Anda. Jangan menyimpan aplikasi yang hanya dipakai satu kali. Hindari juga aplikasi yang terus menyala seperti Google Mail atau Yahoo Messenger. Gunakan ketika ingin digunakan dan jangan aktifkan automatically connect. Biasakan menghapus pesan dalam inbox juga email. Dan Jangan menyimpan Log History chatting dari YM, GTalk, BB Messenger dll. Bila BB mulai lemot atau lambat, restart. Atau Anda juga bisa menginstall OS BB Anda dan pilih seperlunya saja. Jadi Anda tidak perlu install language2, MDS, DOD Certificate, Password Keeper, Blackberry Maps bila tidak ada GPS, BrickBreaker dan Document To Go.


2. PIN, PIN dan PIN!
Hal terunik dari BlackBerry tentu saja PIN!. Nah, PIN ini seperti sidik jari yang tidak bisa diubah-ubah. Bila Anda baru membelinya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari nomor PIN tersebut. . Caranya, masuk ke ikon Option –> Status di layar ini Anda akan temui PIN Anda. Banyak pengguna tidak menyadari setiap menerima atau mengirim sesuatu dari BB, nomor PIN digunakan, baik pada saat browsing, menerima dan reply email dll. Karna, tugas PIN adalah mempercepat proses pengiriman data.


3. Wizard Setup
Ketika menerima BB pertama kali menyalakannya, BB otomatis menjalankan Setup Wizard. Tapi, kebanyakan orang tidak sabar menggunakannya jadi tidak perduli dengan menjalankannya. Padahal sangat penting!. BB baru umumnya dipersiapkan dalam berbagai bahasa. Tiap bahasa memakan memori. Jika ingin menggunakan 1 bahasa saja, pastikan Anda memilihnya pada saat Setup pertama dinyalakan. Jadi, bahasa lain akan terhapus otomatis dan kapasitas momori menjadi lebih besar.


4. Pakai Autotext
Mekanisme autotext sangatlah pintar. Ia akan mengenali setiap kata yang Anda tulis. Uniknya lagi setiap Anda melakukan kesalahan autoteks secara otomatis akan membenarkannya ketika Anda menekan spasi. Dengan begitu dapat mempercepat proses pengetikan. Misal Anda ingin memberitahu seseorang untuk segera menghubungi Anda. Anda bisa mengetik “Please call me at mynumber [spasi]” dan nantinya orang yang menerimanya akan menerima nomor Anda. Nah, bisa juga Anda menyimpan pesan selayaknya Draft tapi digabungkan kembali ke pesan baru dengan kode saved yang Anda buat misal “Temui saya, alamat1 [spasi]”. Nah, alamat yang Anda sudah simpan jauh hari akan langsung terkirim. Mudah bukan?!


5. Shortcut!
Setiap handphone tentunya memiliki shortcut, tidak luput juga BB Anda. Di BlackBerry ada banyak shortcut yang dapat dipakai untuk mempercepat pengetikan Anda. Misalnya, tekan dua kali spasi akan menjadi titik dan 1 spasi. Tekan huruf dan tahan akan menjadi kapital, dan akan terus menjadi kapital seterusnya setelah Anda menekan titik. Mengetik web dan email Anda cukup menekan spasi untuk shortcut (dot) dan (@) contoh www[spasi]indosat[spasi]com.


6. Download dan Install BlackBerry Desktop Software
Sebenarnya Anda bisa menggunakan BB tanpa menginstall program apapun ke PC atau komputer Anda. Tapi, apabila Anda menginstall juga software ini kedalam komputer pemindahan file dan sinkronisasi akan lebih mudah. Dan juga menghilangkan kemungkinan tidak terbacanya file Anda.


7. Modem!
Kerennya BlackBerry adalah bisa digunakan sebagai modem komputer dengan kabel USB atau dengan Bluetooth. Nah, caranya cukup mudah kok. Anda hanya perlu menyambungkan BB dengan komputer Anda memakai USB atau Bluetooth. Setelah itu, masuk ke modem properties di control panel. Yang perlu Anda cek adalah diagnostic modem. Apakah terdetect atau tidak. Apabila OK, masuk kedalam extra command string (at+cgdcont=1,"IP","indosatgprs"). Setelah masuk baru Anda create network connection, pilih modem, dan dial number: *99#. Isi username & password sesuai option (indosat). Baru deh bisa nge-net seharian.


8. Password
Kebanyakan pengguna malas mengaktifkan fitur password untuk melindungi BlackBerry miliknya. Alasannya sederhana, karena mereka malas untuk mengetik password ketika harus meng-unlocked BlackBerry saat menggunakannya. Padahal, fitur ini sangat penting untuk menjaga keamanan BB Anda. Dan caranya pun cukup mudah. klik Menu [Option] – [Security Options] – [General Setting] kemudian set Password pada posisi Enable.


9. Enkripsi Data
Setiap BlackBerry Anda bisa menyimpan kerahasiaan system Bluetooth maupun nomor penting. Nah, dengan mengaplikasikan fitur ini, Anda akan dapat menjaga kerahasiaan nomor-nomor penting dan rahasia agar lebih aman. Caranya, klik Menu [Option] – [Security Options] – [General Setting] pada Content Protection set Enable kemudian pilih Strenght pada posisi strong, stronger atau strongest sesuai dengan kebutuhan Anda.


10. Ubah Garis Sinyal Jadi Digital!
Agak kesulitan memang mengetahui seberapa kuat sinyal yang kita dapatkan. Kalau biasanya sinyal berupa garis biasa, kini bisa diubah menjadi digital atau angka!. Angka tersebut menunjukkan kekuatan sinyal Blackberry dalam satuan decibels per milliwatt (dBm). Caranya sangat mudah. Tekan dan tahan ALT, kemudian ketik 'NMLL'. Kelima garis sinyal tersebut akan langsung berubah menjadi angka yang menunjukkan satuan dBm. Angka -45 sampai dengan -85 menandakan sinyal 'kuat'. Saat angka melebihi -85 menuju ke -100, berarti sinyal akan semakin lemah. Untuk mengembalikan tampilan garis sinyal, cukup lakukan hal yang sama. Ingat: Tekan dan tahan ALT, kemudian ketik 'NMLL'.



Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Automatic Created Playlist by www.autoplaylist.com
Make Your Own Mp3 & Video Playlist at www.autoplaylist.com